Home » » Resep Masakan Ayam Taliwang Khas Lombok

Resep Masakan Ayam Taliwang Khas Lombok

Resep Masakan Ayam Taliwang Khas Lombok - Ayam taliwang adalah salah satu masakan khas kota Lombok. Tak hanya terkenal dengan keasrian, keelokan dan eksotisnya pemandangan alam serta pantai namun kota Lombok juga terkenal dengan cita rasa yang khas tentunya. Salah satunya adalah ayam taliwang. Ayam taliwang memiliki cita rasa yang khas dan kuat pedasnya. Jadi bagi kalian yang tidak suka pedas jangan sekali kali mencicipinya, tapi lain halnya bagi kalian maniak sambal dan pedas silahkan coba atau bahkan wajib mencoba menu khas Lombok yang satu ini ala Nyonyah Resep. Dengan waktu memasak selama 50 menit tentu cepat dan praktis dalam memasak ayam taliwang ini. Yuk mari kita intip bahan yang dibutuhkan dan langkah praktis memasak ayam taliwang khas Lombok ini.


Bahan :
- Ayam kampung sejumlah 1/2 kg, potong menjadi 2 bagian
- Cabe merah sediakan 1 buah, cincang kasar
- Gula merah, 1 sendok makan saja
- Siapkan jeruk nipis, 1 buah, peras
- Minyak goreng secukupnya untuk menumis
- Air sediakan 100 ml
- serta, Garam seperlunya

Bahan Bumbu Halus :
- Cabe merah siapkan 5 siung
- Siapkan cabe rawit merah 6 buah
- Bawang putih, 4 siung
- Bawang merah sebanyak 5 butir
- Terasi matang siapkan 1/2 sendok teh
- Kencur 1 buah, ukuran 2 cm

Langkah Membuat Ayam Taliwang :
         Langkah pertama, kita lumuri ayam kampung yang telah kita siapkan dengan perasan air jeruk nipis dan garam, diamkan selama 15 menit.

         Selanjutnya, panaskan minyak dengan api sedang lalu tumis semua bahan bumbu halus dan cabe merah yang sudah dicincang kasar. Aduklah hingga rata kemudian masukkan ayam kampung dan gula merah.

         Berikutnya kita tuang air sebanyak 100 ml dan kita masak ayam tadi hingga matang. Setelah matang, kita angkat dan kita bakar hingga harum dan berubah warna menjadi kecokelatan.

         Ayam taliwang siap disajikan menjadi 4 porsi makan.

Demikian tadi resep membuat ayam taliwang ala Nyonyah Resep, bagaimana ? kalian tertarik untuk mencobanya? Silahkan mencoba, karena resep ini sangat recomended dan sangat cocok dihidangkan sebagai menu makan siang nanti bersama keluarga besar. Keluarga jadi tau rasa khas kota Lombok, walaupun belum pernah kesana. Dengan langkah membuat tang relatif mudah tentunya bukan hanya untuk ahli masak namun untuk para pemula juga tergolong mudah (easy to cook). Lihat resep menu makan siang lainnya yaitu pepes ikan tongkol ala Nyonyah Resep, bisa sebagai menu makan siang esok hari. Silahkan like, komentar dan share resep kami untuk memberikan informasi makanan kepada rekan, kerabat dan sanak saudara kalian. Semoga bermanfaat, selamat mencoba dan kami sampaikan terimakasih atas partisipasi kalian.

0 komentar:

Posting Komentar