Home » » Cara Membuat Permen Jahe Modern

Cara Membuat Permen Jahe Modern

Cara Membuat Permen Jahe Modern - Permen jahe adalah permen tradisional dari jaman Nyonyah resep kecil atau bahkan dari jaman nenek moyang kita. Permen ini satu-satunya permen yang bergizi karena mengandung jahe, rasanya yang spektakuler dengan kehangatan yang agak pedas mampu membawa kita kembali nostalgia dengan masa kecil kita. Permen jahe ini biasa dijajakan di pasar dan warung-warung, tapi kini kita bisa membuatnya sendiri di rumah dan menikmatnya kapan saja. Ayo, kita lihat bahan-bahan apa saja yang dibutuhkan untuk membuat permen jahe ini.



Bahan :
- Sediakan jahe sebanyak 200 gram
- Gula pasir sejumlah, 200 gram
- Tepung ketan 200 gram, disangrai
- Asam sitrat, 2 gram
- Kayu manis bubuk 1/2 sendok teh
- Siapkan tepung maizena 2 sendok makan saja
- Mentega sebanyak, 50 gram, lelehkan
- Natrium benzoat 2 gram
- Sediakan air sejumlah 100 ml
- Dan, garam 1 sendok teh atau secukupnya

Bahan Pelapis :
- Tepung ketan 100 gram, disangrai

Cara Membuat :
         Pertama, kita rebus 100 ml air dalam panci, dan masukkan jahe serta gula pasir. Rebus sampai mendidih, setelah mendidih kita saring.

         Lalu, campurkan sari jahe dengan tepung ketan, tepung maizena, kayu manis bubuk,mentega cair dan garam. Kita masak dengan api kecil, aduk sampai tercampur rata.

         Kemudian, tambahkan asam sitrat dan natrium benzoat. Lalu, aduk kembali sampai semua bahan tercampur dengan baik dan hingga adonan matang.

         Setelah adonan matang, angkat dan tuang kedalam loyang yang berukuran 10 x 10 x 4 cm. Kemudian dinginkan sejenak.

         Setelah adonan dingin, kita cetak adonan dengan motif kesukaan kalian, tetapi disini Nyonyah memilih motif ring cutter bergerigi. Selanjutnya setelah dicetak, gulingkan adonan ke dalam tepung ketan hingga tercampur rata dan semua bagian terlapisi sempurna. Dan permen jahe modernpun siap disajikan.

Demikian proses pembuatan permen jahe modern dengan lama proses persiapan dan pembuatan total 45 menit. Dan menghasilkan 20 buah permen jahe modern yang siap kita santap bersama sanak saudara kita tersayang. Yang hangat dan pedas sudah, sekarang kita beralih ke yang dingin-dingin yaitu resep sorbet mangga dari Italia. Pasti penasaran kan ? yuk intip. Terimakasih. Selamat mencoba.

0 komentar:

Posting Komentar