Home » , » Info Seputar Jenis dan Cara Penyimpanan Ragi yang Benar

Info Seputar Jenis dan Cara Penyimpanan Ragi yang Benar

Info Seputar Jenis dan Cara Penyimpanan Ragi yang Benar - Banyak orang yang bingung membedakan ragi, kurang paham jenis ragi, tidak tahu kegunaan ragi dan juga cara penyimpanan yang baik dan benar sehingga ragi tidak berfermentasi dengan baik dan menghasilkan makanan yang tidak sesuai dengan harapan kita. Maka dari itu Nyonya Resep menyajikan info seputar ragi khusus, agar kita tidak bingung lagi dalam memilih ragi dan cara menyimpannya. Penasaran ? yuk kita tengok info seputar ragi dibawah ini dengan seksama.


Jenis ragi dan manfaatnya :
         1. Ragi keriting, jenis ini ada yang berbentu butiran kecil ada pula yang berupa bubuk halus. Biasanya ragi berupa bubuk halus dengan warna kecokelatan pada umumnya digunakan untuk pembuatan roti supaya mengembang, lentur dan empuk.

         2. Ragi padat, bentuknya pipih sering digunakan dalam pembuatan tape. Oleh sebab itu, banyak yang menyebutnya ragi tape dengan bahan dasar tepung beras, bawang putih dan kayu manis yang diaduk hingga lembut dan halus kemudian disimpan hingga berfermentasi lalu dijemur hingga kering. Manfaat selain untuk pembuatan tape yaitu pengempukkan ikan atau membuat pindang bandeng.

Cara Penyimpanan Ragi :
         1. Saat keadaan tidak terpakai, ragi membutuhkan kehangatan agar sel-sel nabati tetap hidup dan aktif kerjanya. Maka dalam menyimpan kita harus teliti dalam memilih tempat.

         2. Ragi padat dalam keadaan normal lebih mudah rusak dan akan hilang daya peragiannya jika disimpan dalam suhu 2 derajat Celcius selama 4 - 5 minggu, maka dari itu ragi jenis padat ini harus disimpan dalam tempat yang dingin.

         3. Simpan ragi kering dalam kemasan timah yang mengandung nitrogen sehingga tetap awet. Tidak wajib ditaruh di tempat yang dingin, tetapi lebih baik lagi di taruh di tempat dingin supaya menambah kegunaan raginya. Suhu ideal agar ragi jenis ini awet dalam waktu yang lama adalah 7 derajat Celcius dan jangan lupa sesering mungkin diawasi atau dipantau.

         4. Apabila membeli ragi instan awasi kemasan, apabila sudah robek sebaiknya tidak kalian beli, karena ragi sudah mati dan tidak aktif dalam proses fermentasi.

Demikian tadi sedikit info seputar ragi yang bisa Nyonyah Resep sajikan untuk kalian semua. Semoga bermanfaat dan mampu menambah pengetahuan kalian semua. Silahkan lihat tips unik untuk menghilangkan bau amis dari Nyonyah Resep, tentunya tips ini sangat berguna dan menguntungkan kalian. Yuk kita liat. Untuk partisipasi dan kerjasamanya kami ucapkan terimakasih, jangan lupa like, share dan komen di blog kami ya.

0 komentar:

Posting Komentar