Home » » Membuat Satai Empuk Daging Sapi

Membuat Satai Empuk Daging Sapi

Membuat Satai Empuk Daging Sapi - Berbeda dengan satai lain yang menggunakan daging ayam ataupun daging kambing, disini Nyonyah Resep membuat versi daging sapi yang empuk dan lezat. Daging sapi yang biasa diolah menjadi rendang, baso, di semur, steak, kini ada menu baru satai empuk danging sapi yang layak kalian coba di rumah untuk menjadi hidangan lezat keluarga. Dengan bahan-bahan yang mudah dicari dan cara membuat satai yang mudah. Satai dipanggang dengan oven sehingga daging menjadi empuk sempurna, jadi kakek dan nenek kalianpun dapat menikmati daging sapi dengan santai. Yuk, kita lihat secara keseluruhan bahan yang diperlukan dan cara pembuatan satai empuk daging sapi ini.


Bahan :
- Bahan utama, daging sapi Import cincang sebanyak, 350 gram
- Kelapa, 50 gram, haluskan
- Siapkan santan kental, sebanyak 60 ml
- Kecap manis, 1 sendok makan
- Kecap Inggris, sejumlah 2 sendok makan
- Sebuah wortel, parut kasar, sangrai
- Sediakan gula jawa, 1 sendok makan, serut
- Tepung sagu, 1/2 sendok makan
- Merica bubuk sebanyak, 1/4 sendok teh
- Serta, garam secukupnya

Bahan Bumbu :
- Kemiri, sebanyak 3 butir
- Ketumbar sejumlah, 3 sendok makan
- Siapkan daun jeruk, 6 lembar
- Bawang merah, 3 siung
- Sediakan bawang putih, 5 butir

Bahan Saus :
- Bahan utama saus yaitu, kecap manis 500 ml
- Siapkan cabai rawit merah, 3 buah
- Cabai rawit hijau, 2 buah saja
- Tomat, 1/2 buah saja, potong dadu
- Air jeruk limau sebanyak, 2 sendok makan

Alat :
- Tusuk satai dari bambu lebar sebanyak 15
- Kertas Aluminium

Cara Membuat Satai Empuk Daging Sapi :
         Langkah pertama, kita haluskan semua bahan bumbu. Lalu sisihkan.

         Kedua, kita buat saus, dengan cara taruh semua bahan saus  ke dalam mangkuk kecil khusus. Lalu, kita tekan dengan sendok ataupun ulekan.

         Langkah berikutnya kita campur daging sapi import cincang dengan bumbu yang telah kita haluskan tadi dalam wadah. Kemudian, masukkan kecap manis, kecap Inggris, merica bubuk, tepung sagu, santan, kelapa yang telah halus, gula jawa, wortel serta garam secukupnya saja. Aduk hingga semua bahan tadi tercampur rata menjadi adonan yang sempurna.

         Selanjutnya, ambil satu sendok makan adonan lalu kita bentuk lonjong. Letakkan adonan yang sudah kita bentuk pada selembar kertas aluminium bungkus dan ikta pada salah satu sisi dan sisi satunya kita tusuk dengan tusuk satai bambu lebar yang telah kita siapkan tadi. Bungkus dengan rapat.

         Masukkan ke dalam oven pada suhu 180 derajat Celcius selama kurang lebih 20 menit sampai satai matang sempurna.

         Setelah 20 menit dan satai matang dengan sempurna, kita angkat dan lepaskan kertas aluminium tadi. Sajikan dalam piring saji dengan saus yang telah kita buat.

Demikian tadi cara membuat satai daging sapi yang empuk ala Nyonyah Resep. Semoga menginspirasi kalian karena resep ini tergolong mudah untuk para pemula dan mudah dipraktekkan di rumah. Silahkan share resep ini untuk memberikan ilmu memasak kepada teman-teman kalian. Silahkan tulis saran kritik sebagai bahan evaluasi kami ke depannya. Kalian bisa lihat resep satai lainnya ala Nyonyah Resep yang tak kalah lezatnya dengan satai daging sapi barusan. Selamat mencoba dan semoga hasilnya memuaskan. Terimakasih.

0 komentar:

Posting Komentar