Home » » Tips Hidup Sehat dengan Pola Food Combining

Tips Hidup Sehat dengan Pola Food Combining

Tips Hidup Sehat dengan Pola Food Combining - Tentunya semua orang ingin hidup sehat, namun pola makan sangat berpengaruh bagi kesehatan. Maka dari itu Nyonya Resep menganjurkan kalian mengikuti pola food combining. Apa itu food combining ? Food Combining ialah mengatur menu hidangan dengan kombinasi yang serasi agar sistem pencernaan tubuh bekerja secara optimal atau bisa dikatakan food combining menyelaraskan mekanisme sistem pencernaan manusia. Food combining pada awalnya dibuat untuk mengobati penyakit ginjal, namun dapat diterapkan juga sebagai pengobatan penyakit lever. Maka dari itu food combining dapat membantu kita menuju kehidupan yang lebih sehat dari sekarang. Ayo, kita lihat lebih dalam lagi tentang food combining.

Program Food Combining
Untuk mempermudah kalian mengkombinasikan makanan, maka bahan makanan dibagi menjadi beberapa kelompok sebagai berikut :
1. Buah-buahan
2. Protein (makanan yang dominan proteinnya)
3. Pati atau hidrat arang (makanan yang zat tepungnya dominan)
4. Netral dibatasi (misal lemak)
5. Netral tak dibatasi (sayuran)

Daftar lengkap setiap kelompok terdapat pada artikel berikutnya.

Keuntungan Food Combining
Kombinasi makanan dengan pola food combining ini untuk meringankan kerja tubuh sehingga energi yang terpakai tidak hanya untuk pencernaan. Beberapa manfaan signifikan yang terjadi pada tubuh setelah menerapkan pola food combining, yakni :
1. Akan merasa berenergi sepanjang har
2. Badan terasa ringan
3. Tidak mengantuk setelah makan siang
4. Rambut tidak kusam
5. Wajah tampak bersih berseri
6. Lenyapnya penyakit menahun seperti kembung, pilek, lendir di tenggorokan, pusing, serta migren
7. Berat badan akan menjadi ideal

Prinsip Dasar Food Combining
Kalian tidak perlu repot menakar kadar kalori dan besar porsi makan dapat kita atur namun, harus sesuai dengan prinsip berikut :
1. Sebagian besar menu makanan kalian terdiri atas sayuran dengan perbandingan 3 porsi sayuran banding 1 porsi protein atau pati (daging atau nasi) setiap kali makan.
2. Jangan mencampurkan protein dengan pati.
3. Hindari makanan yang terlalu banyak diproses.
4. Jika ingin makan snack, tunggulah kurang lebih 3 jam setelah makan pagi atau siang. Oleh karena itu, jangan makan snack kecuali kalian sedang lapar sekali.
5. Menu sarapan adalah buah baik dalam bentuk jus ataupun buah segar.
6. Minumlah segelas air hangat dengan perasan air jeruk lemon ataupun jeruk nipis saat sebelum dan sebangun tidur setiap hari.
7. Minumlah air putih sebanyak 1 hingga 2 liter per hari.
8. Jangan menenggak terlalu banyak air saat sedang makan.
9. Minumlah teh herba.

Demikan tadi tips hidup sehat dengan pola food combining. Semoga dapat menginspirasi kalian. Silahkan lihat tips menarik lainnya dari Nyonyah Resep. Terimakasih

0 komentar:

Posting Komentar