Home » » Cara Memasak Menu Hidangan Fish Ball

Cara Memasak Menu Hidangan Fish Ball

Cara Memasak Menu Hidangan Fish Ball - Fish Ball adalah olahan ikan dengan bentuk menyerupai bola sehingga Nyonyah beri nama fish ball. Dengan menggunakan ikan tongkol, dengan harapan dibentuk menjadi bola sehingga anak-anakpun tertarik untuk memakan dan tidak khawatir lagi akan bau amisnya karena tersamarkan dengan rasa dan bumbu yang begitu khas ala Nyonyah Resep. Menu yang satu ini adalah salah satu menu masakan pedas ala Nyonyah Resep. Jadi, bagi kalian pecinta hidangan pedas wajib nyobain resep ini. Hanya dengan 4 langkah saja menu hidangan ini dapat kita sajikan untuk orang kesayangan ataupun keluarga tercinta, cara memasak yang mudah bukan. Yuk kita lirik bahan-bahan yang dibutuhkan dan proses pembuatan fish ball ini.


Bahan :
- Ikan tongkol sediakan, 500 gram, ambil dagingnya saja
- Merica bubuk, 1 sendok teh
- Siapkan putih telur ayam, 1 butir saja
- Gula pasir, sebanyak 1 sendok teh
- Penyedap rasa secukupnya
- Garam sediakan 2 sendok teh atau sesuai selera
- Serta, es batu secukupnya

Bahan Bumbu Halus :
- Bawang merah siapkan 3 siung
- Bawang putih, sebanyak 2 siung
- Jahe 1 buah, ukuran 1 ruas

Bahan Bumbu :
- Sediakan cabe rawit merah, 100 gram
- Tomat merah segar, 1 buah
- Bawang merah siapkan 2 siung
- Bawang putih, 1 siung saja
- Jahe 1 buah
- Air asam sejumlah 2 sendok makan
- Gula merah, sebanyak 1 sendok makan
- Penyedap rasa secukupnya sesuai selera
- Minyak goreng
- Air sejumlah, 100 ml

Cara Membuat Fish Ball :
         Langkah pertama, kita campurkan daging ikan tongkol dengan bahan bumbu halus yang telah dihaluskan. Lalu, tambahkan dengan gula pasir, putih telur ayam, garam, merica bubuk dan penyedap rasa secukupnya. Aduklah hingga bumbu merata dan menyerap dengan baik.

         Selanjutnya, masukkan ikan tongkol kedalam blender, lalu tuang es batu. Kita proses sampai lembut, dan setelah lembut kita angkat.

         Langkah berikutnya, ambil sedikit adonan lalu bentuk bola-bola dan kita rebus ke dalam air mendidih sampai bola terapung dan matang.

        Langkah terakhir kita membuat bumbu fish ball, haluskan cabe merah rawit, tomat merah segar, bawang merah, bawang putih dan jahe sampai lembut. Kemudian, tumis bumbu tersebut sampai harum, lalu tuang air 100 ml, masukkan air asam, gula merah, penyedap rasa dan garam. Kita aduk sampai mendidih. Setelah itu, masukkan fish ball (bola-bola ikan) maska sebentar sampai bumbu meresap sempurna, angkat fish ball dan sajikan selagi panas-panas.

Ya, demikian tadi cara memasak menu hidangan fish ball yang super pedas, level pedas dapat diubah sesuai selera kalian. Silahkan mencobanya dirumah masing-masing ya. Kalian juga bisa melihat tips unik Nyonyah untuk menghilangkan bau amis pada ikan. Jangan lupa, like, share dan komentar ya. Terimakasih telah meliha resep-resep Nyonyah. Semoga bisa menginspirasi kalian.

0 komentar:

Posting Komentar