Home » , » Cara Praktis Membuat Serabi Solo Gulung

Cara Praktis Membuat Serabi Solo Gulung

Cara Praktis Membuat Serabi Solo Gulung - Serabi solo adalah jajanan pasar yang lezat, bergizi dan harga terjangkau. Nyonyah Resep menyajikan cara praktis ini untuk memudahkan kalian yang pemula dalam hal membuat serabi solo, jadi tidak perlu lagi beli diluar rumah. Serabi ini kita gulung untuk memberi ciri khas bahwa serabi solo itu identik digulung. Rasa serabi solo ala Nyonyah Resep-pun berbeda dengan serabi lainnya. Penasaran kan bagaimana cara praktis membuat serabi ini, Nyonyah kasih resepnya, perhatikan baik-baik ya.


Bahan Utama :
- Siapkan kelapa 1 butir, kemudian parut dan peras, ambil santan sebanyak 600 ml
- Daun pandan, 1 lembar, simpulkan
- Sediakan tepung beras, 225 gram
- Ragi instant sebanyak, 1/2 sendok teh saja
- Siapkan juga gula pasir sejumlah 100 gram
- Telur ayam, 1 butir
- Sediakan, garam secukupnya saja
- Serta, keju cheedar sebanyak 150 gram untuk taburan

Bahan Isi :
- Siapkan nangka, 4 buah, potong dadu

Bahan Areh :
- Santan sebanyak 100 ml, sebaiknya tidak menggunakan santan instan karena rasa akan berbeda
- Sediakan daun pandan 3 lembar
- Serta garam, 1/4 sendok teh

Bahan Pembungkus :
- Siapkan daun pisang, secukupnya
- Plastik ukuran 1 ons, secukupnya saja

Cara Praktis Membuatnya :
         Pertama, kita rebus santan dan daun pandan, kemudian masukkan garam 1/2 sendok teh atau secukupnya saja. Lalu, aduk hingga mendidih. Setelah mendidih kita dinginkan.

         Selanjutnya, tuang kurang lebih 200 ml rebusan santan tadi sedikit demi sedikit ke atas campuran tepung beras, telur ayam, ragi instant, gula pasir dan juga garam sambil kita uleni hingga rata.

         Setelah adonan tadi agak cair, keplok adonan sambil tambahkan sisa santan, tuang sedikit demi sedikit. Pengeplokan dilakukan selama 20 menit setelah santan habis. Lalu, diamkan hingga 1 jam.

         Kemudian, kita buat areh dengan cara rebus santan yang telah kita siapkan, daun pandan serta garam sambil kita aduk hingga mengental dengan sempurna. Setelah kental, kita sisihkan.

         Langkah selanjutnya, panaskan wajan, tuang adonan lalu tekan pada bagian tengah dengan centong sambil digerakkan mengelilingi wajan agar dapat serabi dengan ukuran yang lebar dan bagus. Beri lubang pada tengah lalu isi dengan bahan isi yang telah kita siapkan.

         Lalu, wajan kita tutup dan kita tunggu hingga matang, sekiranya sudah hampir matang kita oles serabi dengan areh lalu tutup wajan kembali hingga areh meresap sempurna. Kemudian, angkat saat serabi matang dan harum.

         Taruh serabi solo yang sudah matang pada selembar daun pisang yang telah dipotong ukuran persegi panjang kecil. Kemudian parut keju cheedar diatas serabi solo tadi lalu gulung bersama dengan daun pisang tadi. Dan kita lapisi dengan plastik untuk menjaga kebersihan serabi ini.

Nah, demikian tadi cara praktis membuat serabi solo gulung ala Nyonyah Resep. Semoga bermanfaat dan menginspirasi kalian terutama bagi kalian pemula dibidang kuliner. Silahkan coba resep kami lainnya : cara mudah membuat moon cake halal. Selamat mencoba semoga sukses. Terimakasih.

0 komentar:

Posting Komentar