Home » » Cara Memanggang Tortilla Resep ala Spanyol

Cara Memanggang Tortilla Resep ala Spanyol

Cara Memanggang Tortilla Resep ala Spanyol - Tortilla dalam bahasa spanyol berasal dari kata torta yang artinya kue bundar. Nyonyah Resep mengadopsi tortilla versi Negeri Spanyol karena masih jarang dikembangkan. Sedangkan, tortilla asli berasal dari Meksiko. Ada beberapa cara membuat tortilla namun disini Nyonyah Resep membuat dengan cara memanggangnya. Apa saja bahan-bahan yang dibutuhkan? Bagaimana proses pembuatannya? Nih, Nyonyah jawab.


Bahan :
- Sediakan kentang besar sebanyak 2 buah, kupas dan iris tipis melintang
- Saffron 4 helai
- Minyak zaitun murni, sebanyak 1/2 cangkir
- Siapkan telur ayam sebanyak, 5 butir
- Daun peterseli segar 1/2 ons, cincang kasar
- Thyme segar, 1 sendok makan
- Sediakan bawang merah 1 siung, iris tipis
- Bawang putih 5 siung, cincang halus
- Kunyit, 1 buah saja
- Serta garam dan merica bubuk secukupnya

Cara Membuat :
         Pertama, panaskan oven hingga 200 derajat Celsius. Kemudian siapkan wajan, panaskan minyak zaitun dan kunyit dengan api sedang. Lalu, masukkan kentang, bawang putih dan bawang merah. Aduk setelah itu, kita tekan hingga menjadi lapisan.

         Kecilkan api, tutup lalu tunggu hingga 10 menit. Kemudian, aduk dan bubuhi garam serta merica bubuk secukupnya lalu tekan lagi dan tutup hingga 10 menit. Setelah 10 menit, kita tiriskan dan sisihkan minyaknya.

         Langkah selanjutnya, kocok telur ayam bersama dengan daun peterseli dan thyme. Kemudian bubuhi dengan garam dan merica bubuk. Lalu, masukkan ke dalam wajan berisi kentang tadi. Panaskan 2 sendok makan minyak zaitun dan aduk hingga rata pada api sedang. Dan kemudian kita tekan hingga menjadi lapisan.

         Kurangi panas hingga sedang-rendah. Masak tanpa kita tutup wajan itu selama 2 menit.

         Setelah itu, masukkan wajan ke dalam oven. Panggang sampai 5 menit. Lalu keluarkan setelah matang dan tortilla siap disajikan dengan wajan.

Ya itu tadi 5 langkah membuat tortilla ala Spanyol yang telah Nyonyah Resep kembangkan. Semoga kalian bisa mempraktekannya di rumah dengan benar. Yuk intip resep Nyonyah semur ayam. Terimakasih atas perhatiannya. Silahkan tulis komentar kalian apabila ada hal yang perlu dijelaskan ataupun terjadi kekeliruan.

0 komentar:

Posting Komentar