Home » » Seputar Teknik Membuat Mi Kenyal Tanpa Pengawet

Seputar Teknik Membuat Mi Kenyal Tanpa Pengawet

Seputar Teknik Membuat Mi Kenyal Tanpa Pengawet - Sering kita saksikan di TV banyak berita seputar mi kenyal yang diberi bahan pengawet dan juga warna pada mi didapat dari zat pewarna berbahaya. Sejak adanya pemberitaan itu tentunya kita sebagai konsumen merasa takut untuk membeli mi di pasar. Lalu, bagaimana jika kita ingin makan mi? Nah, disini Nyonyah Resep akan menjawabnya, lebih baik kita membuat mi sendiri di rumah sehingga kita tau kandungan mi. Kemudian beberapa pertanyaanpun muncul. Bagaimana membuat mi kenyal tanpa pengawet ? Apakah mi ini akan lezat? Apakah proses pembuatannya sulit dan ribet ? Yuk kita tengok teknik membuat mi kenyal tanpa pengawet ala Nyonyah Resep dibawah ini.

         1. Mi dibuat dengan menggunakan tepung terigu bergluten tinggi yang mengandung protein sebesar lebih dari 12 % sehingga mi tidak mudah putus atau elastis.

         2. Selain menggunakan tepung terigu, air, garam dan air khi (air yang berasal dari air abu beraroma khas dan mampu memberikan elastisitas pada mi) juga diperlukan.

         3. Uleni mi sampai kalis.

         4. Beri telur ke dalam adonan untuk memberi warna mi kuning alami dan memiliki citarasa yang gurih.

         5. Kemudian kita tutup adonan tadi denhan plastik atau kain lembab supaya mi tidak kering dan putus saat kita giling nanti.

         6. Lalu, kita giling adonan dengan alat penggiling mi, sebelum kita giling , adonan tadi kita taburi tepung kanji atau tepung maizena atau tepung terigu supaya mi tidak lengket.

         7. Setelah itu, mi kenyal dapat kita olah dengan cara, bisa digoreng ataupun direbus. Untuk membuat mi kering silahkan rebus atau rendam mi dalam air panas hingga melunak, sedangkan mi basah, kita cuci mi dengan air panas sebentar hingga minyaknya menghilang.

Demikian tadi teknik membuat mi tanpa bahan pengawet ala Nyonyah Resep. Semoga kalian terinspirasi untuk membuat mi sendiri daripada beli di luar yang tidak menjamin kesehatan dan kualitasnya pun kita tidak tau. Mi yang kita buat dengan teknik yang benar bisa kita olah menjadi menu makan siang, yuk kita tengok Resep membuat Laksa Bogor yang sedap dilidah. Dalam resep menggunakan bihun namun dapat diganti mi kuning. Selamat mencoba, semoga hasilnya memuaskan dan sesuai harapan. Silahkan like, share dan tulis komentar kalian tentang resep dan trik yang telah Nyonyah Resep sajikan untuk kalian. Terimakasih.

0 komentar:

Posting Komentar