Home » » Resep Makanan Indonesia Cumi Bakar Dengan Bumbu Tradisional

Resep Makanan Indonesia Cumi Bakar Dengan Bumbu Tradisional

Resep Makanan Indonesia Cumi Bakar Dengan Bumbu Tradisional - Makanan Laut (seafood) cumi sangat terasa lezat jika dibakar dengan bumbu tradisional karena ketajaman aroma khas dan lebih mudah meresap serta mampu menggugah selera makan kita tentunya. Resep makanan ini dikatakan makanan Indonesia karena menggunakan bumbu khas Indonesia. Bumbu tradisional ini merupakan bumbu khas Indonesia, karena terbuat dari dalam Negeri dengan hasil sumber daya alam Indonesia yang melimpah. Cumi biasanya dibakar dengan bumbu asam manis, namun Nyonyah Resep lebih mengutamakan menggunakan bumbu tradisional untuk mengangkat resep makanan masakan Indonesia ke kancah Internasional. Daripada terlalu lama basa-basi, yuk mari kita tengok bahan dan cara membuat cumi bakar dengan bumbu tradisional ini, sebagai berikut.


Bahan :
- Siapkan cumi sebanyak 1/2 kg, bersihkan dan kerat-kerat
- Daun jeruk 2 lembar, buang tulang daun, iris tipis
- Air jeruk nipis sediakan 1 sendok teh
- Kecap manis, 3 sendok makan
- Minyak untuk menumis, secukupnya saja
- serta, Garam kurang lebih 3/4 sendok teh

Bumbu Halus :
- Terasi, 1 sendok teh, bakar
- Sediakan cabai merah keriting sebanyak 3 buah saja
- Bawang merah, 8 siung
- dan Bawang putih sejumlah 4 siung

Cara Membuat :
         Pertama, kita haluskan semua bahan bumbu halus hingga halus dan merata sempurna.

         Kemudian, panaskan minyak dan tumis bumbu halus hingga harum. Lalu masukan irisan daun jeruk yang telah kita sediakan tadi. Setelah bumbu harum sempurna kita angkat dan taruh pada wadah.

         Selanjutnya, tuang kecap manis, air jeruk nipis dan garam ke dalam wadah bumbu tadi. Lalu kita aduk hingga bumbu merata dengan baik.

         Langkah berikutnya, masukkan cumi lalu kita guling-gulingkan cumi hingga bumbu merata diseluruh permukaan badan cumi. Setelah itu kita diamkan selama 30 menit dalam lemari es agar bumbu dapat menyerap sempurna.

         Terakhir, kita bakar sampai matang sambil diolesi sisa bumbu untuk menambah cita rasa tradisional. Setelah matang cumi bakar bumbu tradisionalpun siap disajikan menjadi 6 porsi makan.

Demikian itu tadi resep membuat cumi bakar dengan bumbu tradisional ala Nyonyah Resep semoga kalian dapat mencoba dirumah sehingga resep bumbu tradisional Indonesiapun tetap lestari dilingkup dalam Negeri. Hidangan ini sangat cocok untuk acara kumpul keluarga dengan proses pembuatan yang relatif singkat yaitu hanya 1 jam tentu resep yang satu ini layak kita coba bukan ? yuk kita intip resep bola ayam kuah jagung manis yang cocok sebagai teman hidangan ini. Nyonyah Resep menyajikan begitu banyak menu hidangan yang pas untuk hidangan keluarga kalian. Selamat mencoba dan Terimakasih.

0 komentar:

Posting Komentar