Home » » Resep Sarapan Bergizi Tongkol Roti Goreng Bulat Andalan Bunda

Resep Sarapan Bergizi Tongkol Roti Goreng Bulat Andalan Bunda

Resep Sarapan Bergizi Tongkol Roti Goreng Bulat Andalan Bunda - Tongkol adalah jenis ikan laut yang banyak kita jumpai pada daerah pesisir Indo-Pasifik. Daging ikan tongkol ini biasa diolah dengan cara diasinkan, dikeringkan, dipindang bisa juga diasapi. Biasanya anak kecil susah untuk makan ikan laut dan juga sayuran, ini tentu membuat hati bunda resah dan bingung saat akan memasak hidangan untuk si kecil di rumah, nah disini Nyonyah Resep hadir membawa resep sarapan bergizi yang menggunakan daging ikan tongkol dengan kemasan unik sehingga anak akan doyan dan lahap memakannya tanpa sadar bahwa yang ia makan adalah daging ikan tongkol. Daging ikan tongkol ini kita olah lain dari biasanya, disini kita kemas menjadi sebuah roti goreng yang renyah dan lezat dengan bentuk bola bulat yang unik sehingga membuat si kecil tertarik karena mengira itu baso atau jajanan lain. Resep ini pasti dapat dijadikan andalan bunda saat si kecil susah makan ikan tongkol, di dalam roti goreng bulat ini juga terdapat sayuran dan protein lainnya sehingga sekali santap kita mendapatkan banyak sekali manfaat yang baik bagi tubuh kita. Cara membuat yang relatif singkat dengan lama waktu 55 menit saja tentu bisa menjadikan resep ini menjadi resep sarapan yang bergizi dan praktis bukan ? Yuk mari tunggu apalagi kita scroll sampai mentok ke bawah untuk mengetahui lebih dari resep sarapan bergizi ini.


Bahan :
- Telur ayam sediakan 1 butir
- Mentega, 25 gram
- Tepung terigu protein tinggi sebanyak 200 gram
- Gula pasir sejumlah 30 gram
- Ragi instan siapkan 4 gram saja
- Air es, 80 ml
- Garam sediakan 1/2 sendok teh atau secukupnya

Isi :
- Daging tongkol sebanyak 1/4 kilogram, kukus dan suwir kasar
- Wortel sebanyak 2 buah, kupas serut kasar
- Tomat sebuah, potong kecil-kecil buang biji
- Serai, 1 batang memarkan
- Santan siapkan 50 ml

Bumbu Halus :
- Cabe merah sebanyak 3 buah
- Merica, 1/4 sendok teh
- Bawang putih sediakan 3 butir
- Bawang merah, sejumlah 5 siung
- Gula pasir dan garam secukupnya saja

Lapisan :
- Tepung panir butiran halus siapkan sebanyak 100 gram
- Minyak goreng seperlunya
- Telur ayam sebutir saja, kocok lepas

Cara Membuat :
         Langkah pertama kita mengolah bagian isi terlebih dahulu, dengan cara menumis semua bahan bumbu halus sampai aroma harum muncul. Lalu, kita masukkan daging ikan tongkol yang telah kita siapkan tadi dan semua bahan isi lainnya. Masaklah hingga mengering serta matang sempurna kemudian angkat.

         Selanjutnya, siapkan wadah masukkan tepung terigu, ragi dan gula pasir. Aduk terus hingga adonan merata dengan baik. Tuang sebutir telur dan 80 ml air es yang kita sediakan tadi sambil diuleni hingga adonan kalis.

         Setelah adonan kalis, kita tambahkan mentega dan garam. Aduk lagi hingga adonan menjadi elastis dan angkat. Diamkan selama 30 menit sampai mengembang dengan baik.

          Langkah berikutnya kita potong adonan yang telah mengembang tadi menjadi 10 buah yang masing-masing berbobot 25 gram, lalu kita beri isi pada bagian tengah dan bentuk bulat seperti bola. Kemudian kita diamkan lagi selama 20 menit, agar adonan mengembang dan mendapatkan tekstur yang bagus.

         Terakhir kita siapkan bahan lapisan untuk melapisi bagian luar adonan bola bulat ini. Pertama kita celupkan ke telur yang telah kita kocok, lalu lumuri atau gulingkan pada tepung panir. Lakukan pada semua bola bulat itu. Goreng pada api sedang rata sampai berubah warna menjadi cokelat keemasan, angkat dan tiriskan.

         Tongkol roti goreng bulat siap kita sajikan.

Demikian tadi resep sarapan bergizi tongkol roti goreng bulat yang bisa jadi sahabat bunda dalam menangani maslaah si kecil yang susah makan dan pilah-pilih makanan, dengan waktu yang singkat tentu membuat bunda penasaran ingin mencobanya bukan? resep ini menghasilkan standar hasil jadi 10 buah tongkol roti goreng bulat. Kami menyediakan menu lainnya yang dapat dijadikan menu sarapan untuk esok hari bunda, yaitu gorengan tahu berontak makanan khas Indonesia. Penasaran dengan tahu berontak, silahkan klik dan lihat bahan apa saja yang dibutuhkan dan bagaimana cara membuatnya. Nyonyah resep menyediakan bukan hanya menu sarapan tetapi menu makan siang dan juga makan malam dilengkapi hidangan penutup yang beragam lezat sekali lho. Tunggu apalagi yuk kepoin semua resep yang ada. Semoga resep kami menginspirasi kalian dan terimakasih.

1 komentar: