Home » » Resep Cemilan Barongko Makassar dengan Kesederhanaan Cara Membuatnya

Resep Cemilan Barongko Makassar dengan Kesederhanaan Cara Membuatnya

Resep Cemilan Barongko Makassar dengan Kesederhanaan Cara Membuatnya - Saat ke Makassar jangan lewatkan untuk mampir ke kota Angin Mamiri menikmati aneka makanan yang tidak hanya terkenal dengan sop konro atau coto makassarnya saja. Namun beragam sajian khas lainnya yang layak untuk dicoba, salah satunya barongko Makassar. Barongko Makassar ialah cemilan khas Makassar yang manis dengan isi pisang. Jenis makanan ini cocok juga sebagai hidangan untuk acara keluarga dan sebagai teman makan pada sore hari. Resep ini merupakan resep dari Makassar yang telah Nyonyah resep sajikan dengan sebegitu mudahnya diolah sendiri di kalian. Dengan begitu, kalian pasti menarik karena cara membuat barongko ini terbilang mudah terutama buat para pemula atau juga ibu rumah tangga baru yang masih belum mahir dalam hal memasak serta mengolah makanan dengan baik. Begitu banyak resep cemilan khas Indonesia yang Nyonyah Resep sajikan, namun barongko ini salah satu jenis cemilan dengan resep dan cara membuat yang mudah. Silahkan scroll hingga paling bawah untuk mengetahui lebih lanjut lagi tentang bahan-bahan yang kita butuhkan dan juga bagaimana langkah atau cara membuat barongko.


Bahan :
- Siapkan tepung beras, 200 gram
- Tepung kanji sebanyak 25 gram
- Pisang raja tua matang, sediakan 5 buah, potong-potong
- Daun pandan, 2 lembar
- Santan kental hangat sejumlah 850 ml
- Gula pasir siapkan 150 gram
- Air panas, sebanyak 100 ml
- Garam sediakan 1/2 sendok teh
- Daun pisang secukupnya saja

Kuah :
- Santan kental sejumlah 350 ml
- Garam siapkan 1/2 sendok teh

Cara Membuat :
         Pertama, siapkan wadah untuk mengolah. Masukkan tepung kanji dan tepung beras yang telah kita sediakan tadi, lalu tuang air mendidih sambil kita aduk-aduk sampai adonan merata dengan baik. Kemudian, tuang gula pasir dan sedikit garam. Aduk lagi hingga adonan rata sempurna.

         Langkah berikutnya yaitu siapkan panci dan masukan adonan di wadah tadi, masaklah dalam keadaan api sedang. Lalu kita tuang santan secara perlahan sambil kita aduk adonan sampai mengental sempurna dan matang. Kemudian setelah sekiranya adonan tersebut matang dan kental, kita bisa angkat dan matikan kompor.

         Selanjutnya, masukkan pisang raja yang telah kita potong tadi ke dalam adonan matang, aduklah hingga adonan rata.

         Berikutnya, kita buat kuah dengan mencampurkan bahan kuah dalam satu wadah lalu kita aduk rata.

         Setelah itu, kita ambil selembar daun pisang untuk membungkus barongko, letakkan daun pandan lalu tuang kira-kira 2 sampai 3 sendok adonan tadi dengan sedikit kuah santan kental yang telah kita buat barusan. Kemudian bungkus tum dan sematkan dengan lidi kecil. Lakukan hingga adonan dan kuah yang telah kita siapkan tadi habis.

         Langkah terakhir yaitu kukus barongko di atas api sedang selama 30 menit, tunggu sampai matang, angkat dan barongko siap disajikan selagi hangat.

Itulah resep cemilan barongko Makassar dengan kesederhanaan cara membuatnya yang mudah untuk kalian coba dirumah. Resep ini hanya memakan waktu selama 45 menit dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan di toko terdekat serta cara membuat yang relatif mudah tentunya tidak ada kendala untuk kalian mencobanya bukan? Dengan alat-alat yang pastinya kalian miliki di dapur rumah kalian, tentunya resep ini tergolong resep yang mudah. Bagaimana kalian mulai tertarik dengan resep cemilan ala Nyonyah Resep ini? yuk tunggu apalagi, catat dan coba buat sendiri di rumah. Buktikan nikmatnya cemilan khas Makassar ini. Nyonyah resep menyediakan resep cemilan lainnya yaitu inovasi terbaru jenang rasa sirsak yang begitu spektakuler dengan rasa asam kecut dan manis yang berpadu dengan uniknya, serta masih banyak lagi resep cemilan lainnya yang telah kami sediakan untuk kamlian semua, bukan hanya resep cemilan tetapi resep makanan, resep minuman, resep kue, dan juga tips memasak yang menarik dan patut kalian coba di rumah. Nyonyah Resep menyajikan begitu banyak informasi menarik dan edukatif untuk kalian, semoga bermanfaat san selamat mencoba resep dari kami. Tunggu terus resep terbaru kami ya, terimakasih.

1 komentar: