Home » , » Cara Praktis Membuat Gorengan Tahu Berontak Makanan Khas Indonesia

Cara Praktis Membuat Gorengan Tahu Berontak Makanan Khas Indonesia

Cara Praktis Membuat Gorengan Tahu Berontak Makanan Khas Indonesia - Gorengan ialah makanan khas Indonesia yang terkenal begitu banyak minyak tetapi lezat. Eitss, jangan terlalu banyak dan sering nanti bisa batuk. Tetapi gorengan ini banyak dijumpai di kota-kota maupun dipedesaan. Bedanya kalau dipedesaan menjadikan gorengan sebagai menu sarapan di pagi hari. Kalau di kota dijadikan cemilan siang, sore maupun malam hari, gorengan bisa juga menjadi menu pelengkap teman hidangan utama kita. Gorengan disini yang kita bahas yaitu tahu berontak. Dinamai tahu berontak karena bahan utamanya yaitu tahu putih, berontak karena terdapat berbagai elemen sayuran dan protein yang terdapat didalam makanan yang satu ini. Gorengan tahu berontak ini menu yang tepat untuk anak-anak bunda, karena kebanyakan anak-anak tidak suka makan sayuran maka menu ini dapat dijadikan solusi agar anak mau makan sayuran. Bunda bisa mengganti sayuran didalamnya dengan jenis sayuran lainnya. Cara membuat tahu berontak ini tergolong praktis dan mudah, sehingga para pemula dan ibu rumahtangga baru bisa mencoba membuatnya di rumah. Silahkan scroll terus untuk mengetahui lebih dalam bahan-bahan untuk membuat tahu berontak dan cara praktis membuat menu ini.


Bahan :
- Tahu putih sebanyak 400 gram, haluskan
- Daging ayam, 200 gram, cincang halus
- Tauge, 100 gram
- Bihun jagung siapkan satu bungkus kemasasn kecil, rebus dan tiriskan
- Telur ayam, sediakan 4 butir
- Wortel sebanyak 2 buah, potong dadu kecil
- Minyak goreng secukupnya

Bumbu Halus :
- Sediakan gula pasir sejumlah 1/4 sendok teh
- Garam 1/2 sendok teh atau secukupnya sesuai selera
- Merica bubu sebanyak 1/2 sendok teh
- Bawang merah, 5 siung
- Bawang putih siapkan 3 butir

Bahan Penyelup :
- Tepung terigu sediakan 150 gram
- Telur ayam, 2 butir, kocok lepas

Cara Membuat :
         Pertama-tama, panaskan minyak goreng lalu kita tumis semua bahan bumbu halus sampai harum. Setelah harum kita masukkan daging ayam yang telah kita cincang halus tadi, aduklah sampai daging ayampun berubah warna.

         Kemudian masukkan tauge dan wortel ke wajan, aduk hingga agak layu. Aduk terus sampai merata, setelah sekiranya harum dan matang maka kita angkat dan diamkan sejenak.

         Selanjutnya, kita campur tumisan tadi dengan tahu yang telah kita haluskan, bihun jagung yang sudah kita rebus dan juga telur. Aduk hingga adonan tercampur dengan rata.

         Setelah itu, masukkan adonan tadi ke dalam loyang kotak yang telah kita olesi minyak goreng dan kita alasi plastik, lalu kita kukus dengan waktu 30 menit sampai sekiranya matang dan memadat dengan baik. Angkat dan dinginkan sebentar.

         Langkah berikutnya ialah kita potong-potong adonan berbentuk segitiga lalu kita celupkan ke dalam bahan celup. pertama kita celup ke telur yang telah kita kocok kemudian baru kita gulingkan diatas tepung terigu terakhir celupkan kembali ke telur kocok untuk memberi tekstur dan rasa yang lezat.

         Terakhir kita goreng tahu berontak dalam minyak yang telah panas hingga berubah warna menjadi kuning kecokelatan. Setelah matang, kita angkat dan tiriskan hingga minyak goreng mengurang.

         Sajikan tahu berontak selagi hangat dengan cabe rawit untuk menambah kenikmatan.

Demikian resep tahu berontak ala Nyonyah Resep. Resep ini bisa dijadikan resep andalan saat anak malas atau tidak mau makan sayuran. Tahu berontak ala Nyonyah resep ini mengandung protein nabati dari tahu putih, protein hewani dari daging ayam dan telur, vitamin A dari wortel, vitamin B, C , K dan A dari tauge dan masih banyak lagi keuntungan kita mengonsumsi tahu berontak. Jadi tunggu apalagi bunda, ayok coba buat resep praktis ini. Kami menyajikan resep lainnya yang sangat cocok sebagai cemilan di sore hari yaitu resep cemilan barongko Makassar, kalian bisa menikmati hidangan Makassar langsung dari dapur pribadi kalian. Nyonyah resep menyajikan resep lainnya, seperti resep makanan, minuman, kue dan yang paling menarik yakni tips memasak ala Nyonyah Resep, begitu banyak keuntungan yang kalian perolah dengan membuka blog kami, selain pengetahuan seputar kuliner kalian dapat makanan lezat juga apabila kalian mencoba resep dari kami. Tunggu resep kami lainnya yang kami posting setiap hari. Semoga resep kami bermanfaat dan terimakasih atas partisipasi kalian.

1 komentar: