Home » » Resep Rumahan Sayur Lodeh Selera Rakyat

Resep Rumahan Sayur Lodeh Selera Rakyat

Resep Rumahan Sayur Lodeh Selera Rakyat - Sayur Lodeh adalah sayur andalan rakyat Indonesia dan menjadi menu favorit hidangan keluarga. Selera orang tentu beda-beda, namun pada resep rumahan sayur lodeh ini terdapat cita rasa yang unik yaitu perpaduan gurih dari santan, pedas dari cabai merah serta terselip rasa manis dari gula merah atau gula jawa, tentunya karena kaya akan rasa ini membuat sayur lodeh disebut makanan selera rakyat. Resep ini dikatakan sebagai resep rumahan karena hampir setiap ibu rumah tangga yang sudah ahli dibidang masak-memasak tentu tahu dan paham betul resep membuat sayur lodeh ini. Resep ini terdiri dari bahan yang mudah dicari dan ditemukan di pasar terdekat atau tukang sayur yang lewat depan rumah, serta proses ataupun cara pembuatannya yang tergolong mudah dan singkat. Sehingga kalian para pemula ataupun ibu rumahtangga baru tentunya mampu untuk mengikuti resep rumahan sayur lodeh ini dengan mudahnya dan dengan baik. Yuk kita intip bersama-sama resep rumahan sayur lodeh selera rakyat ala Nyonyah Resep yang sudah kita bahas sedikit tadi. Berikut resepnya :





Bahan :
- Nangka Muda siapkan 200 gram, potong sesuai selera
- Daun salam sediakan 2 lembar
- Siapkan daun jeruk, 1 lembar saja
- Lengkuas dengan ukuran 2 cm, memarkan
- Gula merah atau gula jawa 1/2 ons
- Santan sejumlah 350 ml
- Air sebanyak 400 ml
- Garam secukupnya
- Minyak goreng seperlunya untuk menumis

Bumbu Halus :
- Bawang merah 5 siung
- Siapkan bawang putih 3 siung
- Kunyit ukuran 2 cm
- Terasi matang 1/2 sendok teh
- Ketumbar sebanyak 1 sendok teh
- Merica 1/2 sendok teh
- Cabe merah sediakan 2 buah, jika suka pedas bisa ditambah sesuai selera
- Kencur dengan ukuran 1 cm
- Serta garam secukupnya

Cara Membuat Sayur Lodeh :
         Langkah pertama, kita panaskan minyak dengan api sedang lalu tumis semua bahan bumbu halus dengan daun salam dan daun jeruk. Tumislah hingga harum.

         Kemudian, tuang santan lalu aduk hingga mendidih.

         Selanjutnya, masukkan nangka muda, gula merah atau gula jawa dan juga garam secukupnya. Masak dan aduk hingga mendidih serta bumbu meresap dengan sempurna. Lalu angkat dan sajikan sayur lodeh selagi hangat.

Demikian tadi resep rumahan sayur lodeh ala Nyonyah Resep, semoga mudah dipahami dan dipraktekan dirumah kalian. Jangan lupa lihat menu ala Nyonyah resep lainnya untuk menu hidangan keluarga kalian dilain hari. Nyonyah Resep tidak hanya menyajikan resep rumahan, tetapi menyajikan juga resep mancanegara seperti resep spageti dari Italia. Selamat membaca dan mencoba. Terimakasih.

0 komentar:

Posting Komentar