Home » » Resep 7 Turunan Sate Loso dan Cara Membuatnya

Resep 7 Turunan Sate Loso dan Cara Membuatnya

Resep 7 Turunan Sate Loso dan Cara Membuatnya - Sate ini adalah makanan khas Pemalang, berbeda dengan sate Madura dan sate Tegal yang terbuat dari daging ayam dan daging kambing, sate loso terbuat dari daging sapi has dalam yang empuk. Penasaran dengan rasa sate loso ? kita tidak perlu jauh jauh datang ke Pemalang, cukup lihat resep ini dan mencobanya sendiri dirumah. Berikut resep 7 turunan sate loso ala Nyonyah Resep :


Bahan Utama :
- Sediakan daging sapi has dalam sebanyak, 250 gram atau 1/4 kg, diiris
- Daging sandung lamur, 250 gram
- Siapkan daun salam sebanyak, 3 lembar saja
- Serai sebanyak, 2 batang
- Garam, 1 sendok teh atau secukupnya
- Sediakan gula pasir, 1 sendok teh
- Gula jawa sebanyak, 50 gram
- Air, 1,5 liter
- Siapkan juga tusuk sate dan minyak goreng.

Bahan Bumbu Halus :
- Bawang merah, sebanyak 10 siung
- Sediakan bawang putih 5 siung
- Ketumbar sebanyak 3 sendok makan, disangrai
- Kemiri sebanyak, 5 butir, digoreng
- Siapkan kunyit 3 cm saja, dibakar
- Lengkuas sepanjang 2 cm
- Jintan sebanyak, 1/2 sendok teh
- Serta, Jahe sepanjang 4 cm.

Bahan Bumbu Kacang :
- Siapkan minyak goreng sebanyak, 2 sendok makan
- Bawang merah sebanyak, 5 siung
- Sediakan bawang putih 3 siung saja
- Tomat merah segar, 1/2 buah saja
- Kacang tanah sebanyak 150 gram, dikupas,digoreng dan haluskan
- Gula merah sebanyak, 2 sendok makan
- Garam, 1 sendok teh atau seperlunya
- dan, Air panas sekitar 250 ml.

Cara Membuat :
         Pertama, panaskan panci berisi air 1,5 liter, kemudian masukkan daging sapi has dalam, daging sandung lamur, daun salam, serai, gula pasir, gula jawa dan garam yang telah disiapkan tadi. Rebus sampai daging empuk dan cairan berkurang.

         Kedua, setelah daging empuk, saring bumbu rebusan tadi dan campurkan dengan minyak goreng. Lalu, tiriskan daging, potong ukuran dadu 2 cm. Kemudian, tusukkan 5 potong daging pada tusuk sate yang telah disiapkan. Setelah siap menjadi kurang lebih 15 tusuk sate, lalu kita olesi dengan campuran minyak goreng dan bumbu tadi.

         Kemudian, bakar sate loso diatas bara api sambil dilumuri campuran bahan bumbu halus yang sudah dihaluskan sampai beraroma harum dan matang. Saat sate sudah matang dan harum, kita angkat dan tiriskan.

         Bahan bumbu kacang yang telah disiapkan tadi kita olah dengan cara, kita tumis bawang merah, bawang putih, tomat, kacang tanah dalam minyak panas. Tumis sampai harum dan layu, setelah itu, angkat dan haluskan dengan alat ulekan ataupun blender. Campurkan gula merah, garam dan air panas. Haluskan sampai merata. Lalu saat bumbu kacang sudah halus merata, angkat dan taruh pada mangkuk kecil dan bisa disajikan bersama dengan sate loso yang sudah matang tadi.

Demikian cara membuat sate loso ini kurang lebih memakan waktu 60 menit atau 1 jam. Semoga kalian dapat memahami resep 7 turunan sate loso ala Nyonyah Resep dan bisa mempraktekkannya di rumah. Dan untuk menu besok kalian bisa mencoba resep sup buntut tomat ala Nyonyah Resep yang nikmatnya tiadatara. Selamat mencoba dan semoga berhasil. Terimakasih.

0 komentar:

Posting Komentar